Masmient.com

Berita TerNew

Masmient.com, JAKARTA –¬†Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani membuka sekaligus memberikan sambutan dalam acara Silahturahmi & Musyawarah Nasional 1 Jalinan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) di Hotel Grand Cempaka, Jakarta.

Muzani bicara tentang pentingnya peran para alumni Timur Tengah dalam menjaga Pancasila sebagai dasar negara.

“Dalam sejarahnya alumni Timur Tengah telah membuat nusantara sampai menjadi Indonesia menjadi dikenal sebagai sebuah kekuatan bangsa. Kita bisa hidup rukun dalam aneka kebhinekaan dan saling toleran serta menghormati satu sama lain karena para ulama dari Timur Tengah,” ujar Muzani dalam keterangan yang diterima, Sabtu (18/6/2022).

Hal itu bisa terjadi karena konsep negara dan keyakinan beragama saling beriringan, tidak bertentangan.

Dia mengatakan ini yang berbeda dengan banyak negara di Timur Tengah pertentangan keduanya sering berujung pada peperangan, bahkan pertumpahan darah.

Namun, kata Muzani, berbeda dengan di Indonesia yang justru keberagaman agama dan budaya berbanding lurus dengan konsep-konsep ke-Indonesiaan.

Peran alumni Timur Tengah juga tidak sedikit dalam memberi kesejukan untuk terus menjaga harmonisasi di tengah masyarakat Indonesia.

Baca juga: Ketika Muzani Bicara Loyalitas Kader Gerindra Tak Boleh Lelah Perjuangkan Prabowo Presiden 2024

“Konsep negara dan keyakinan beragama di Indonesia saling bertemu. Di banyak negara berbeda keyakinan bisa menjadi perang. Indonesia tentu berbeda, keanekaragaman menjadi satu kekuatan meski kita berbeda dalam keyakinan,” kata dia.

“Pertentangan agama dan konsep negara banyak berujung pada pertumpahan darah. Di Indonesia tidak ada perang agama, tidak ada pertentangan itu, yang ada hanya saling menghormati dan itu adalah kontribusi dari alumni Timur Tengah,” ujar Sekjen Partai Gerindra itu.

Dia menceritakan bagaimana dalam sejarahnya, KH Ahmad Dahlan pada tahun 1912 mendirikan organisasi yang dinamakan Muhammadiyah.



Source link