Masmient.com

Berita TerNew






Bus sekolah  menjadi salah satu alat transportasi yang digunakan anak-anak sekolah untuk berangkat dan pulang sekolah. Warna kuning bus sekolah tentu menarik perhatian pengguna jalan raya lain. Tapi tahu nggak sih kenapa bus sekolah di Indonesia itu warnanya kuning? Apakah menyamai warna bus sekolah di luar negeri, seperti Amerika Serikat?

Memang hampir semua bus sekolah di negara-negara di dunia berwarna kuning. Pasti ada alasan tersendiri kenapa bus itu berwarna kuning, bukan hijau, biru, merah, bahkan hitam? Ternyata warna kuning bus sekolah ada hubungannya dengan sejarah bus sekolah itu sendiri.

Bus sekolah konon pertama kali muncul di Amerika Serikat. Dilansir dari Detikcom, sebenarnya warna-warna bus sekolah bukan hanya kuning saja, melainkan ada warna biru, merah, jingga, hingga putih karena disesuaikan dengan wilayah sekolah tersebut. Pada bulan April 1939, adalah profesor bernama Frank Cyr melakukan kunjungan ke 10 negara bagian Amerika untuk melihat kondisi bus sekolah di wilayah itu.











Terpecahkan Juga, Kenapa Bus Sekolah di Indonesia Warnanya Kuning (Detik Oto)

Profesor Frank terkejut karena banyak bus sekolah yang rusak dan dianggap tak layak jalan. Tentu hal itu membuat para siswa yang berangkat dan pulang sekolah bisa terancam keselamatannya. Frank lalu melakukan konsolidasi dengan sejumlah pihak untuk menentukan standar bus sekolah.

Terkait warna bus sekolah juga jadi sesuatu yang disimpulkan dalam konsolidasi itu. Warna kuning dijadikan pilihan untuk warna bus sekolah di Amerika. Kuning adalah warna cerah sehingga bisa membedakan bus sekolah dengan jenis kendaraan lainnya. Warna dasar kuning bisa membuat tulisan di bus jadi terlihat dengan jelas, seperti penulisan nama sekolah.

Warna kuning juga dianggap memiliki visibilitas tinggi saat berjalan di pagi hari, ketika hari masih gelap atau matahari belum terbit. Termasuk saat digunakan waktu sore hari dikala matahari terbenam, warna bus yang cerah tetap terlihat oleh pengendara jalan lainnya.







Source link