Masmient.com

Berita TerNew

Suara Denpasar – Sosok Hasnaeni Moein, si wanita emas menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir. Hal itu karena dia ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung, Kamis (22/9/2022).

Dia menjadi tersangka dalam perkara dugaan korupsi penyimpangan dan penyelewengan dana salah satu anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.  

Namanya menjadi sorotan karena saat penetapannya sebagai tersangka sempat diwarnai keributan. Dengan mengenakan rompi merah muda, dia meronta saat digiring menuju mobil penahanan, dia meronta dan beberapa kali berteriak sakit.

Kini, banyak yang bertanya siapa Hasnaeni Moein dan bagaimana latar belakang keluarganya. Usut punya usut, ternyata dia anak dari Max Moein.

Baca Juga:Jelang Lawan Persija Jakarta, Luis Milla Beberkan 2 Hal yang Jadi Titik Kelamahan Persib Bandung

Max Moein merupakan eks politikus PDI P yang sempat dijatuhi pidana penjara 1 tahun 8 bulan karena kasus korupsi. Kini, giliran sang anak yang ditahan dengan kasus dugaan korupsi.

Max Moein sempat menjadi sorotan karena sejumlah kasus yang menimpanya seperti korupsi, foto syur dengan perempuan lain, hingga laporan pelecehan seksual terhadap sekretaris pribadinya.

Berikut adalah kasus yang pernah menimpa Max Moein:

Max Moein sempat menuari sorotan setelah dipanggil Badan Kehormatan DPR. Hal itu karena beredarnya foto syur dirinya dengan seorang perempuan cantik yang sama-sama bertelanjang dada.

Saat itu. BK DPR menghadirkan Roy Soeryo yang dikenal sebagai ahli telematika untuk meneliti foto tersebut. Roy dalam keterangannya menyebut wajah laki-laki dalam foto tersebut tidak ada rekayasa, sedangkan bagian wajah perempuan mengalami penambahan efek cahaya.

Baca Juga:Sosok Max Moein, Ayah Hasnaeni Moein Si Wanita Emas, Politikus PDIP, Terlibat Korupsi, Foto Syur, dan Pelecehan

“Wajah laki-lakinya Insyaallah nanti bisa saya pastikan bahwa itu tidak ada rekayasa,” ujarnya kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (10/7/2008).

Disarikan dari berbagai sumber, Max Moein sempat menduduki kursi anggota DPR RI pada periode 1999-2004 dan 2004-2009. Selama di DPR RI, dia pernah menjadi Ketua Komisi IX dan Wakil Ketua Komisi XI.

Max Moein dan Mischa Hasnaeni Moein si Wanita Emas. [Kolase/Suara Denpasar]
Max Moein dan Mischa Hasnaeni Moein si Wanita Emas. (sumber: Kolase/Suara Denpasar)

Dia sempat menjadi sorotan karena terlibat dalam kasus korupsi berupa suap cek pelawat kepada sejumlah anggota DPR RI periode 1999-2004 untuk pemenangan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Miranda Goeltom.

Hasil sidang tahun 2011 silam, Max Moein dijatuhi hukuman 1 tahun 8 bulan penjara karena melanggar Pasal 11 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Selain itu, Max Moein juga sempat menuai sorotan dalam skandal pelecehan seksual terhadap sekprinya, Dedy Firdiyanti. Hasilnya, BK DPR RI  merekomendasikan Max Moein dipecat melalui sidang paripurna DPR RI.

Kemudian pada Pemilu 2009, dia akhirnya tidak dicalonkan lagi sebagai anggota legislatif dari PDIP. Max Moein meninggal dunia pada 19 Maret 2019. (Masmient.com/Antara)

Source link