Masmient.com

Berita TerNew

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

Masmient.com, JAKARTA – Lembaga pendidikan saatnya bukan hanya berperan menciptakan generasi unggul di bidang akademik, tetapi juga harus bisa memberikan ruang bagi mahasiswa atau pelajar untuk menyalurkan ide inovasi serta ide-ide kreatif dalam bidang budaya.

Apalagi Indonesia merupakan negara yang memiliki jutaan kekayaan seni dan budaya dari Sabang sampai Merauke yang bernilai tinggi dan wajib diwariskan ke setiap generasi Indonesia.

“Kita perlu meningkatkan daya saing dan daya juang berbagai hasil kreatif kita melalui inovasi, digitalisasi, kreatifitas desain, kolaborasi antar lembaga dalam mempromosikan warisan Indonesia berbasis kearifan lokal ke mata,” kata Adhirama Gumay selaku Presiden Direktur USG Education di sela-sela acara puncak “UIC for Hope Festival” di Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Baca juga: Sapa Mahasiswa Universitas Djuanda Bogor, Siti Fauziah: Tetap Cintai Budaya Bangsa di Era Digital

Dikatakannya, USG Education selaku institusi pendidikan internasional paham benar atas kepentingan ini dan secara konsisten selalu menjadikan kultur Indonesia sebagai bagian dari kompetensi para siswanya agar mereka memiliki pendidikan berwawasan global namun tetap memiliki nilai–nilai luhur dan kearifan lokal.

“Kami melatih siswa untuk melakukan eksplorasi dan inovasi serta menyadari potensi luar biasa yang dimiliki oleh kebudayaan di Indonesia terutama dari sisi ekonomi kreatif.

Ruang ekspresi yang diberikan kepada para siswanya ini semakin memberdalam pengetahuan mereka tentang budaya Indonesia,” katanya.

Baca juga: Lestarikan Budaya, Emak-emak Ikut Ajang Fashion Show Batik Angso Duo di Jambi

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum BPC HIPMI Jakarta Barat, Rika Amelia Rush mengatakan, pendidikan inklusif yang turut mengedepankan kepedulian lingkungan dan warisan budaya membantu pembentukan karakter generasi sejak dini secara optimal.

“Saat ini generasi muda memegang peran besar sebagai promotor perilaku peduli budaya bangsa dan BPC HIPMI Jakarta Barat sangat mendukung serta memberikan ruang terbuka selebar–lebarnya bagi para siswa berperan dan dapat mengkomunikasikan hal tersebut melalui berbagai aksi kreatif, inovatif dan sosial membawa Indonesia ke kancah global,” kata Rika.

Rika juga berharap kegiatan positif ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan menampilkan sektor – sektor ekonomi kreatif lainnya sesuai potensi dan kebutuhan dunia.



Source link