Masmient.com

Berita TerNew

Jombang (Masmient.com) – Sedikitnya 100 orang mengikuti mancing bersama (mabar) di Kolam Pancing Murni Jaya Dusun Semanding, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang, Jawa Timur, Minggu (19/6/2022). Acara mabar tersebut dalam rangka pengukuhan ketua baru dan pengurus MMJ (Mancing Mania Jombang) periode 2022-2024.

Acara berlangsung cukup meriah. Sejak pagi para pemancing sudah memadati kolam berukuran 50×20 meter tersebut. Mereka duduk berjajar di sisi kiri dan kanan. Pengukuhan pengurus MMJ itu ditandai dengan penyerahan bendera dari pemancing senior Yoga Darma kepada Ketua MMJ periode 2022-2024, Ngali.

Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua MMJ yang diserahkan kepada Kepala Desa (Kades) Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Fuad. “Saya ucapkan selamat atas pengukuhan Ketua Baru dan pengurus Mancing Mania Jombang periode 2022-2024,” ujar Fuad.

Fuad memberikan apresiasi kepada MMJ. Karena selain sebagai wadah silaturahmi penghobi mancing, komunitas tersebut juga tidak melupakan kegiatan sosial. Semisal, dalam pengukuhan tersebut MMJ juga memberikan santunan kepada anak yatim.

Pengurus MMJ Comunity periode 2022-2024

“Kolam pancing ini dikelola oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Semoga memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Saya juga memberikan apresiasi kepada MMJ yang tidak lupa melakukan kegiatan sosial. Semoga kegiatan MMJ juga semakin maju,” ujar Fuad dalam sambutannya.

Ketua MMJ Ngali menambahkan, MMJ merupakan perkumpulan Mancing Mania yang ada di Kabupaten Jombang. Komunitas tersebut mengayomi seluruh kegiatan olahraga rekreasi dalam hal memancing. Dibentuknya MMJ, lanjut Ngali, untuk mempererat tali silaturahmi antar pemancing.

“Selain itu juga untuk meningkatkan usaha lokal. Semisal produk-produk yang berkaitan dengan pemancingan mulai umpan hingga peralatan. Juga pengelolaan kolam di wilayah Kabupaten Jombang. Jumlah anggota kisaran 20 ribu orang,” ujar Ngali.

Ngali mengungkapkan, kegiatan MMJ bukan hanya memancing. Tapi juga melakukan kegiatan sosial. Di antaranya, santunan anak yatim, memberikan bantuan untuk korban bencana alam, serta bakti sosial lainnya. “Dalam pengukuhan ini kami juga menyalurkan bantuan untuk Pondok Yatim At Tien Jl Sidowaras, Desa Sumbermulyo,” ujarnya.

Peserta mancing bersama dalam rangka pengukuhan Ketua dan pengurus MMJ 2022-2024

Bukan hanya itu, MMJ juga ikut menjaga lingkungan dan kelestarian alam. Hal itu dilakukan dengan menebar benih ikan di sejumlah sungai yang ada di Kabupaten Jombang. “Jadi bukan hanya sekadar perkumpulan pemancing. Tapi juga ada kegiatan sosial dan lingkungan,” kata Ngali.

Acara semakin meriah. Karena selain pengukuhan Ketua Baru, pemancing yang mengikuti Mabar juga mendapatkan hadiah atau doorprize. Bukan hanya satu atau dua pemancing, tapi seluruh pemancing yang hadir di kolam Murni Jaya mendapatkannya. [suf]



Source link