Masmient.com

Berita TerNew

Pengamat Penerbangan dan Analis Independen Bisnis Penerbangan Nasional Gatot Rahardjo mengapresiasi keberhasilan PKPU Garuda berkat dukungan dari Pemerintah melalui usaha Menteri BUMN Erick Thohir yang sukses meyakinkan kreditur. Ilustrasi: Foto: Dok. JPNN.com

Masmient.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membuat sebuah langkah hebat dengan memprakarsai penyelamatan nasib maskapai nasional PT Garuda Indonesia (Persero) dari jurang kepailitan.

Meski sebelumnya banyak pihak merasa pesimis Garuda akan gulung tikar dalam waktu dekat, namun berkat tangan dingin Erick Thohir Garuda Indonesia terhindar dari kebangkrutan setelah menyelesaikan tahapan pemungutan suara atau voting dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) pada Jumat (17/6/2022).

Pengamat Penerbangan dan Analis Independen Bisnis Penerbangan Nasional Gatot Rahardjo mengapresiasi keberhasilan PKPU Garuda berkat dukungan dari Pemerintah melalui usaha Menteri BUMN Erick Thohir yang berhasil meyakinkan kreditur.

“Sinyal dukungan dari pemerintah terutama dari Presiden Jokowi saat menggunakan Garuda untuk kunjungan ke AS dan dukungan dari DPR ditangkap baik oleh Garuda sebagai senjata dan ditanggapi positif oleh para kreditur,” ujar Gatot.

Menurut Gatot, sebagai BUMN, Garuda adalah aset strategis nasional untuk merajut konektivitas transportasi nasional.

Selain itu, kata Gatot setelah meredanya pandemi bisnis transportasi sedang rebound menuju kondisi normal seperti sebelum pandemi.

Terbukti jumlah penumpang dan load factor atau tingkat keterisian pesawat juga meningkat.

“Jadi, prospek Garuda Indonesia dan perusahaan penerbangan memang masih bagus di Indonesia. Ini yang membuat para kreditur memandang positif pada Garuda,” ujar Gatot.

Erick Thohir dinilai membuat sebuah langkah hebat dengan memprakarsai penyelamatan nasib maskapai nasional PT Garuda Indonesia (Persero) dari jurang kepailitan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News



Source link