Masmient.com

Berita TerNew

loading…

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berharap Badan Koordinasi Mubaligh se-Indonesia (Bakomubin) terus menjadi komponen penting dari dakwah Islam di Indonesia. Foto/Istimewa

JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berharap Badan Koordinasi Mubaligh se-Indonesia (Bakomubin) terus menjadi komponen penting dari dakwah Islam di Indonesia. Hal itu dikatakannya usai mengukuhkan pengurus Bakomubin di Hotel Sahid Jakarta, Selasa (22/11/2022).

“Marilah kita jadikan pengukuhan kali ini sebagai momentum menyelaraskan gerak langkah untuk kemaslahatan umat dan kehidupan yang harmoni,” kata pria yang akrab disapa Gusmen ini.

Dia meyakini Bakomubin bakal menjadi elemen dakwah yang damai dan merangkul. “Ini menjadi semangat baru untuk syiar Islam di Indonesia yang lebih ramah, tidak marah. Islam yang merangkul, bukan memukul,” ujar Yaqut.

Baca juga: Rapat Koordinasi Pengawasan, Gus Yaqut Minta Irjen Kemenag Kawal Perbaikan Pelayanan Publik

Menag pun mengapresiasi Bakomubin yang telah bersinergi dengan Kementerian Agama dalam membangun moderasi Islam di Indonesia. Bakomubin dipimpin oleh Ali Mochtar Ngabalin dan Dewan Pembina Jenderal TNI Dudung Abdurrahman.

Kepengurusan Bakomubin periode 2022-2027 merupakan hasil Musyawarah Nasional Bakomubin pada Februari 2022. Ketua Umum Bakomubin dalam pidato usia pengukuhan mengatakan Bakomubin akan menjadi barometer mubaligh di Indonesia.

Ali Mochtar mengakui bahwa masih ada orang yang memiliki status sebagai mubaligh tetapi menggunakan status tersebut intuk marah-marah dan memaki-maki. Dia mengatakan, Bakomubin akan berdiri di semua kelompok, bukan bagian dari kelompok mana pun, tidak di timur tidak juga di barat.

“Tapi Bakomubin akan berpihak pada kebenaran dan akan bicara pada kebenaran,” ujar Ali Mochtar.

Menurutnya, Bakomubin juga akan melakukan kerja kerja konkrit termasuk membangun kesadaran ekonomi dan bersama sama menghidupkan ekonomi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

(rca)

Source link