Masmient.com

Berita TerNew

Lamongan (Masmient.com) – Sejumlah pemuda di Desa Medalem, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan mampu menunjukkan inovasi dan kreatifitasnya. Berbekal ketekunan dan kecintaannya pada buah melon, mereka membuat gebrakan produk baru bernama Kis Fruit.

Bahkan, produk yang mereka buat mampu meningkatkan UMKM di lingkungannya lebih produktif dan bergeliat lagi. Diketahui, gebrakan para pemuda ini dilakukan saat wabah pandemi Covid-19 masih merajalela, tepatnya sekitar 2 tahun lalu.

Menurut Manager Operasional Kis Fruit, Miss Ayu (27), Kis Fruit merupakan kebun melon yang dibudidayakan secara organik menggunakan sistem green house. Artinya, mulai dari media tanam, pemupukan, hingga pemeliharaannya melalui organik.

“Produk ini berawal dari kegemaran kami makan buah melon. Kami ngefans sama buah melon, akhirnya muncul inisiatif untuk memproduksi buah melon Kis Fruit. Apalagi, pandemi juga merubah budaya makan kita untuk lebih konsen ke makanan yang sehat seperti buah dan sayur”, ujar Miss Ayu, saat dikonfirmasi, Rabu (23/11/2022).

Miss Ayu berkata, Kis Fruit yang dibudidayakannya mengalami perkembangan yang cukup pesat tiap kali panen. Sehingga, pihaknya kini telah menambah green house untuk pembudidayaan melon menjadi 4 lahan. “Sedangkan untuk penjualannya, menurut saya sih so far so good, bahkan Kis Fruit ini sebelum masa panen saja buahnya sudah sold out, dan banyak yang inden atau pesan lebih dulu,” terangnya.

Lebih lanjut, Miss Ayu bersyukur, upaya yang ia dan teman-temannya bangun selama ini membuahkan hasil manis. Tak hanya itu, produk Kis Fruitnya bahkan menarik perhatian banyak kalangan, tak terkecuali istri Bupati Lamongan, Anis Yuhronur Efendi.

Tak tanggung-tanggung, Anis yang juga Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lamongan itu bertandang ke lokasi budidaya melon Kis Fruit. Ia didampingi oleh Camat Modo, Kurniawan berkunjung dan melihat langsung Green House melon yang dikelola oleh para kawula muda tersebut.

Atas apa yang dicapai oleh para pemuda itu, Anis menyampaikan apresiasinya. Menurutnya, kegiatan budidaya melon Kis Fruit ini sangat positif dan selaras dengan salah satu program Bupati Lamongan yakni meningkatkan UMKM agar lebih produktif.

“Kami sangat mengapresiasi hasil inovasi Kis Fruit yang dikelola generasi muda Modo ini. Kami harap, hal ini mampu menginspirasi pemuda lainnya, sehingga bisa menggeliatkan perekonomian masyarakat Lamongan pasca pandemi,” tutur Anis.

Selebihnya, Istri Bupati Lamongan ini juga mengajak kepada seluruh pemuda Lamongan untuk terus berfikir progresif, inovatif dan kreatif. Pasalnya, hal itu merupakan modal penting yang dibutuhkan dalam memajukan UMKM yang ada di Kota Soto ini. “Mari kita terus melakukan kegiatan yang positif, utamanya dalam meningkatkan UMKM di Lamongan agar semakin produktif,” ajaknya. [riq/suf]



Source link