Masmient.com

Berita TerNew

Masmient.com – Memasuki musim yang semakin tidak menentu sekarang, perkembangbiakan nyamuk semakin pesat. Tidak bisa diprediksi kapan pancaroba akan terjadi, sebab pada kenyataannya cuaca tidak dapat diprediksi. Tentu saja, untuk menyikapi hal ini Anda perlu paham benar gejala demam berdarah dan pertolongan pertama yang harus dilakukan.

Beberapa gejala demam berdarah yang umum muncul sebenarnya mirip dengan penyakit lain. Namun jika dicermati, ada hal spesifik yang bisa menandakan terjangkitnya demam berdarah.

Gejala Demam Berdarah

Setidaknya ada 5 gejala yang muncul saat seseorang terjangkit demam berdarah. Gejala tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Baca Juga:
Peringati ASEAN Dengue Day, Pemerintah Fokus Pada Tindakan Promotif dan Preventif Demam Berdarah

  • Sakit kepala, terasa sangat tajam di area dahi hingga belakang mata. Sakit kepala ini cukup berat, dan mengganggu aktivitas penderitanya.
  • Demam tinggi, demam yang dialami penderita demam berdarah bisa mencapai 40 derajat Celcius dan berlangsung 2 hingga 7 hari. Pada hari ke 4 atau 5 demam akan turun, dan naik lagi di hari berikutnya.
  • Nyeri otot, penderita juga akan merasakan nyeri otot, tulang, serta sendi yang membuat rasa tak nyaman muncul. Nyeri yang dirasakan akan bersamaan dengan demam tinggi di poin sebelumnya.
  • Ruam pada kulit, akan muncul ruam merah pada kulit di berbagai bagian tubuh. Mulai dari wajah, area leher, hingga dada. Ruam ini akan muncul setelah demam berlalu, selama 1 sampai 5 hari.
  • Mual dan muntah, gejala demam berdarah lain yang mencolok adalah mual dan muntah yang dialami penderitanya. Sialnya, hal ini bisa membuat penderita kesulitan makan dan minum, sehingga proses pemulihan semakin sulit terjadi bahkan bisa memicu dehidrasi.

Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

Ketika tanda-tanda ini muncul sebenarnya direkomendasikan untuk membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan profesional, atau resep obat yang tepat. Namun untuk pertolongan pertama, Anda bisa simak di bawah ini.

  • Pastikan kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup
  • Pastikan kebutuhan nutrisi juga terpenuhi dengan makanan sehat dan bergizi
  • Perbanyak istirahat optimal dan tidur yang cukup
  • Penggunaan obat nyamuk lotion guna mengurangi risiko penularan lebih lanjut
  • Konsumsi obat penurun panas atau obat yang direkomendasikan dokter

Semoga penjelasan singkat mengenai gejala demam berdarah dan pertolongan pertama yang bisa diberikan ini berguna untuk Anda, dan selalu jaga kesehatan dan pola hidup ideal untuk tetap bugar dan bersemangat!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Baca Juga:
Saat Singapura Darurat DBD, Angka Kasus Demam Berdarah di Indonesia Justru Menurun



Source link