Masmient.com

Berita TerNew

Masmient.com – Perkembangan musik di era dulu dan sekarang begitu berbeda. Hal ini juga diakui oleh musisi Melly Goeslaw yang sudah berkarier di industri musik Tanah Air sejak era 90-an.

Menurut personel grup musik Potret ini, pemanfaatan platform digital kini memegang peranan penting di industri musik Indonesia.

Melly Goeslaw ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada Senin (21/3/2022) [Suara/Rena Pangesti]
Melly Goeslaw ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada Senin (21/3/2022) [Suara/Rena Pangesti]

Melly bilang, di eranya dulu saat seorang penyanyi atau musisi merilis karya, mereka melakukan promosinya ke media seperti radio, majalah, koran, dan beragam pemotretan.

“Beda dengan sekarang, yang lebih mudah karena semua orang bisa upload kapan pun di digital platform seperti YouTube, Instagram, TikTok, dan lainnya,” kata Melly di Jakarta, Sabtu (18/6/2022).

Baca Juga:
Melly Goeslaw Blak-blakan Sindir Artis Baru, Sebut Tak Sopan dan Besar Cuma dari Influencer

Karenanya, penyanyi dan musisi sekarang harusnya bisa memanfaatkan betul platform digital yang ada. Kata dia, sia-sia jika hal itu tak dilakukan.

Melly Goeslaw dan Anneth [dokumentasi pribadi]
Melly Goeslaw dan Anneth [dokumentasi pribadi]

“Media yang mudah ini sebaiknya digunakan secerdas-cerdasnya karena anak-anak sekarang melihatnya dari sana, dari storytelling-nya, play method yang bagus di sebuah platform,” ujarnya.

Lewat platform digital, penyanyi dan musisi juga perlu memikirkan penceritaan lagu dan pengemasannya. Tujuannya agar karya yang dirilis mudah diingat mengingat persaingan saat ini begitu ketat.

Melly Goeslaw dan Dinda Ghania. [Evi Ariska/Suara.com]
Melly Goeslaw dan Dinda Ghania. [Evi Ariska/Suara.com]

“Sekarang industrinya memang seperti itu. Kalau dulu, sebulan paling ada lima lagu baru. Kita bersaing di toko kaset dan radio saja, belum ada iTunes, Spotify, dan lainnya. Kita sekarang juga bersaing dengan global, dan itu tidak pandang bulu,” kata Melly Goeslaw.

“Tiap Jumat ada rilisan baru di seluruh dunia. Di satu sisi, ini adalah PR (pekerjaan rumah) paling menyenangkan, karena bagaimana kita tidak hanya buat kreasi, tapi juga kreatif sehingga terus dilihat oleh orang lain,” ujarnya lagi.

Baca Juga:
Sindir Artis Baru Tidak Punya Sopan Santun, Melly Goeslaw: Besar Cuma dari Influencer

Hal lain yang tak kalah penting, kualitas lagu menurut Melly sekarang bukan satu-satunya ‘senjata’ untuk bersaing dengan musisi yang lain. Desain dan pengemasan jadi hal yang perlu dipikirkan juga.

“Sebuah lagu tidak bisa tumbuh karena bagus saja, tapi juga karena ada elemen penunjang untuk dikenal orang,” kata Melly.

(Antara)



Source link