Masmient.com

Berita TerNew

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman ziarah ke makam sesepuh ulama Sono yang ada di dalam komplek militer Gudang Pusat Peralatan milik TNI AD di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (19/6/2022). ANTARA /Indra

Masmient.com, SIDOARJO – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman berziarah ke makam sesepuh ulama Sono.

Makam itu berada di dalam komplek militer Gudang Pusat Peralatan milik TNI AD di Sidoarjo, Jawa Timur. 

“Hari ini saya dengan Pangdam V Brawijaya dan juga Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor meninjau langsung tempat ini dan ada situs makam leluhur cikal bakal pendiri Nahdlatul Ulama (NU),” kata Jenderal Dudung seusai melakukan ziarah ke makam ini, Minggu (19/6).

Di kawasan itu terdapat makam-makam leluhur, di antaranya, Mbah Muchaiyin, Kiai Abu Mansur, Kiai Zarkasi. “Dulu Kiai Hasyim Asy’ari sempat berguru di sini,” ujarnya.

Karena lokasi berada di dalam komplek militer, dirinya siap untuk melakukan pinjam pakai lokasi tersebut supaya bisa dikembangkan oleh Pemkab Sidoarjo sehingga keberadaan makam tersebut bisa dimanfaatkan untuk masyarakat.

“Nantinya masyarakat bisa berziarah dengan nyaman setelah lokasi tersebut dikembangkan lebih bagus lagi oleh Pemkab Sidoarjo,” ungkap Jenderal Dudung.

Ahmad Muhdlor mengatakan nantinya akses menuju ke lokasi tersebut akan dilebarkan darisemula yang hanya sekitar satu meter.

“Nanti kami ingin revitalisasi masjid yang ada di komplek makam ini karena awal berdirinya Pondok Sono tersebut. Kalau dipindahkan akan mengurangi nilai sejarah,” ujarnya.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman berziarah ke makam sesepuh ulama Sono.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News



Source link