Masmient.com

Berita TerNew

Masmient.com, Jakarta – Membersihkan wajah yang kotor atau setelah menggunakan make up dengan sabun lalu membilasnya saja nyatanya tidak cukup. Berikut cara cuci muka yang benar, jangan sampai salah lagi!

Dilansir dari Healthline, cuci muka harus dilakukan setidaknya dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Cuci muka pada malam hari sendiri merupakan waktu yang penting untuk mempersiapkan kulit wajah sebelum memulai rangkaian perawatan.

Pasalnya, saat malam hari, kulit akan melakukan proses regenerasi atau pembaruan. Alhasil, hal ini perlu didukung dengan wajah yang bersih agar skincare terserap dan bisa bekerja maksimal ke kulit.

Berikut cara mencuci muka yang benar untuk pria dan wanita.

1. Bersihkan make up terlebih dahulu

Langkah ini dikenal sebagai pembersihan ganda (double cleansing), yakni dimulai dengan pembersih makeup, lalu mencuci muka agar kulit wajah benar-benar bersih. Hal ini amat penting, sebab pori-pori yang tersumbat oleh bekas makeup dapat menyebabkan masalah kulit wajah, seperti komedo dan jerawat.

2. Pakai micellar water

Meski tidak menggunakan makeup, anda tetap harus membersihkan wajah dengan double cleansing sebelum mencuci muka. Anda pun bisa menggunakan micellar water untuk itu, karena tak hanya bisa mengangkat bekas make up, namun juga kotoran di wajah tanpa riasan.

3. Jangan pakai sabun batangan

Sabun batangan dapat mengubah keseimbangan kadar asam atau pH kulit. Alhasil, mencuci muka dengan sabun batang memungkinkan bakteri dan jamur justru dapat berkembang di permukaan kulit wajah, sehingga bisa menimbulkan bruntusan dan jerawat.

Namun, sebagai catatan, sabun batang boleh digunakan apabila formulanya memang khusus untuk wajah.



Source link