Masmient.com

Berita TerNew

loading…

Ketua PPIH Arab Saudi, Arsad Hidayat. Foto/Abdul Hakim

MADINAH – Gelombang 1 kedatangan jamaah haji Indonesia akan berakhir pada Sabtu (18/6/2022) tengah malam. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pun menggelar rapat evaluasi di Kantor Urusan Haji Indonesia di Madinah.

Baca juga: Perbedaan Antara Rukun Haji dan Wajib Haji

Rapat ini dipimpin langsung Ketua PPIH Arab Saudi, Arsad Hidayat, serta dihadiri antara lain dua Staf Khusus Menteri Agama Abdul Qodir dan Isfah Abidal Azis. Hadir pula para ketua daerah kerja (daker) dan kepala bidang KUH.

“Secara umum saya kira pelaksanaan di periode kedatangan gelombang 1 sangat-sangat bagus dan baik,” kata Arsad Hidayat, Sabtu (18/6/2022).

“Buktinya seperti yang saya sampaikan ya, tapi kalau ada komplain saya kira komplain itu tidak terlalu menonjol, karena petugas dengan sigap melakukan upaya penyelesaian terhadap masalah yang terjadi,” tambahnya.

Arsad yang juga Direktur Bina Haji Kementerian Agama ini berharap, prestasi di gelombang pertama ini terus dijaga hingga masa penyelenggaraan haji berakhir. Dia meminta para petugas juga menyiapkan secara matang kedatangan jamaah gelombang kedua, layanan di Mekkah dan puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina).

Dia menilai, tantangan pada gelombang kedua tidak ringan. Untuk itu, seluruh petugas haji diminta terus totalitas memberikan pelayanan kepada jamaah yang tahun ini jumlahnya mencapai sekitar 100.000 orang.

Kepada petugas di bandara, Arsad juga menyatakan, sudah mempersiapkan rapi seperti pembagian menjadi dua tim karena malam ini ada dua penerbangan yang tiba sekaligus di Bandara AMAA Madinah dan Bandara King Abdul Azis, Jeddah.

“Sebagian tim sudah bergeser ke Jeddah dan soal kedatangan jamaah bersamaan ini sudah disiapkan betul oleh kawan-kawan Daker Bandara. Termasuk juga persiapan pemberian layanan katering buat jamaah yang mendarat di Bandara Jeddah,” tutup Arsad.

(maf)

Source link