Masmient.com

Berita TerNew

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

Masmient.com, JAKARTA – Pemerintah mendukung kegiatan pengurangan sampah kemasan berbasis ekonomi sirkular.

Hal ini sejalan dengan Permen LHK Nomor P.75 tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen.

Salah satunya, program kolaborasi untuk lingkungan yang diberi nama Jerrygreen yang diinisiasi Kraft Heinz Food Service Indonesia.

Program ini mendorong pelaku industri Horeca (Hotel, Restoran, Cafe) meningkatkan pengelolaan kemasan jerigen plastik HDPE bekas pakai untuk di daur ulang.

Baca juga: Gerakan Ekonomi Sirkular Le Minerale Berhasil Kumpulkan 6.300 Ton Sampah Plastik dalam Setahun

“Kami berharap inisiatif ini dapat menggerakkan upaya pengelolaan sampah kemasan yang berkelanjutan, khususnya diantara para pelaku industri makanan minuman serta para pengusaha hotel, restoran, dan cafe di tanah air,” ujar Direktur Pengurangan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Sinta Saptarina Soemiarno, beberapa waktu lalu.

Ia menuturkan, melalui program Jerrygreen diharapkan mendorong produsen lain agar segera menyampaikan dokumen perencanaan pengurangan sampahnya seperti yang sudah dilakukan oleh PT Heinz ABC Indonesia.

Baca juga: Mantan Menteri KLH Sony Keraf: Ekonomi Sirkular Kunci Lestarikan Bumi

Program Jerrygreen akan berlangsung selama 12 bulan ke-depan dan diharapkan dapat turut mengumpulkan setidaknya 5.000 kemasan jeriken plastik HDPE bekas pakai dari produk-produk Heinz ABC untuk didaur ulang, sekaligus mendukung terlaksananya praktik ekonomi sirkular yang optimal.

“Melalui Program Jerrygreen, kami kembali memperkuat komitmen ini serta melibatkan para mitra bisnis kami untuk bersama-sama membangun sinergi positif bagi lingkungan,” kata Managing Director Kraft Heinz Steven Debrabandere Indonesia & Papua New Guinea.

Pada tahap awal ini, program menyasar 12 hotel dan restoran di daerah Jabodetabek yaitu Aloft South Jakarta, Aloft Wahid Hasyim, The Mayflower Mariott Executive Apartment, Le Meridien Jakarta, JW Mariott Jakarta, Four Points by Sheraton Thamrin, Ritz-Carlton Mega Kuningan, The Westin Jakarta, Aryaduta Suites Semanggi, Aryaduta Lippo Village, Doner Kebab, dan Abuba Steak.

Dalam proses pengumpulan kemasan jeriken plastik HDPE bekas pakai ini, juga melibatkan dua mitra distributor, yakni Cahaya Inti Putra Sejahtera & Kartika Distrindo. Kemasan yang terkumpul kemudian akan diambil oleh pihak Waste4Change secara berkala untuk selanjutnya diproses di Rumah Pemulihan Material mereka.

Setelah melalui proses pembersihan dan pemotongan, kemasan ini akan disalurkan kepada mitra pendaur ulang plastik HDPE, PT Elite Recycling Indonesia (PT ERI), untuk diproses menjadi bahan baku daur ulang produk selanjutnya.



Source link