Masmient.com

Berita TerNew

loading…

Anggota DPR RI Komisi IV Amir Uskara menyambut baik kebijakan hilirisasi yang diluncurkan Jokowi.Foto/SINDOnews

JAKARTA – Kebijakan hilirisasi yang digencarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai sebuah langkah tegas dalam memberatas mafia dalam sektor mineral dan batu bara (minerba). Atas sikap Jokowi ini mendapat respons positif dari baerbagai kalangan.

Anggota DPR RI Komisi IV Amir Uskara menyambut baik kebijakan hilirisasi yang diluncurkan Jokowi. Amir mengatakan kebijakan tersebut menjadi bukti ketegasan Jokowi dalam memberantas mafia minerba. “(Hilirisasi) Ini sebuah kebijakan yang perlu kita apresiasi terhadap Pak Jokowi saat ini yang berani melawan mafia, dan mengatakan itu untuk kepentingan masyarakat,” kata Amir, Minggu (19/6/2022).

Amir menyebut komitmen Jokowi merealisasikan pelaksanaan kebijakan hilirisasi minerba menjadi bentuk keberpihakan nyata terhadap kepentingan rakyat. Kehadirannya banyak membawa manfaat bagi masyarakat. Oleh karenanya dia menilai keputusan Jokowi dengan meluncurkan kebijakan hilirisasi mesti mendapat dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat. Sehingga pelaksanaannya dapat optimal.

Baca juga: KSAL Mutasi 163 Pamen TNI AL, Ada Dandenjaka dan Kadispen Marinir

Amir menuturkan dampak kebijakan hilirisasi minerba Jokowi akan semakin melindungi kekayaan sumber daya alam (SDA) Tanah Air. Khususnya dalam menjaga kekayaan alam Indonesia agar tidak habis tereksploitasi oknum tak bertanggung jawab. “Kebijakan sebelumnya, batu bara hanya diekspor kemudian tambang diekspor gelondongan, padahal banyak komponen lain yang ada di situ,” ucapnya.

Baca juga: Revisi UU Minerba Resmi Ditetapkan Sebagai Undang-Undang

Amir melihat, hadirnya tambang minerba mempunyai banyak komponen yang bernilai ekonomi tinggi. Karenanya, kata dia, dalam pengolahan bahan-bahan mentahnya perlu lebih dimaksimalkan sehingga menghasilkan banyak manfaat bagi masyarakat. “Itulah kebijakan pemerintah sekarang harus diolah dalam negeri, diolah dulu baru bisa dikirim ke luar, tidak boleh diekspor dalam bentuk bahan mentah,” katanya.

(cip)

Source link