Masmient.com

Berita TerNew

loading…

Presiden Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-76 di Gedung Akpol, Semarang, Jawa Tengah. Foto/istimewa

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-76 di Gedung Akpol, Semarang, Jawa Tengah.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menjelaskan, Hari Bhayangkara jatuh pada 1 Juli namun puncak peringatannya akan diselenggarakan pada 5 Juli 2022.

“Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022 akan dilaksanakan tepatnya pada hari Selasa, 5 Juli 2022 di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian Semarang, tepatnya pada pukul 09.00 dengan inspektur upacara adalah Bapak Presiden RI, Joko Widodo,” kata Ramadhan, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: HUT Bhayangkara ke-76, Polri Gelar Malam Nusantara Gemilang

Di tahun ini, tema Hari Bhayangkara yakni “Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Adapun, kata Ramadhan, jumlah personel yang akan dilibatkan dalam kegiatan upacara di akademi kepolisian semarang sebanyak 1.996 pasukan upacara yang terbagi menjadi enam batalyon dan pasukan pendukung.

Baca juga: Gelar Bakti Kesehatan di Titik Nol IKN, Kapolri Gelorakan Visi Indonesia Emas 2045

“Kemudian nanti setelah rangkaian upacara akan dilanjutkan dengan festival Hari Bhayangkara ke-76 di Stadion Taruna Bhayangkara Akademi Kepolisian,” ujar Ramadhan.

Festival ini, disebutkan Ramadhan, akan menggabungkan keseluruhan acara dari sektor divisi Polri dan disinergikan dengan kegiatan kerakyatan yang menggambarkan bahwa, Polisi merupakan bagian dari masyarakat dan dekat dengan masyarakat.

“Festival ini juga menjadi wadah untuk memberdayakan ratusan UMKM yang merupakan salah satu hal yang dicanangkan oleh bapak Presiden RI, Ir Joko Widodo dengan meningkatkan produktivitas untuk transformasi ekonomi inklusif dan berkelanjutan,” ucap Ramadhan.

Kemudian, festival Hari Bhayangkara ke-76 nanti akan ditampilkan expo alat material khusus Polri kemudian juga ditampilkan pasar rakyat yang terdiri dari enam area diantaranya UMKM, kuliner rakyat, pasar murah, vaksinasi booster Presisi, dan pengobatan gratis serta permainan anak dan hiburan rakyat.

“Kemudian juga akan ditampilkan penampilan lomba musik musisi jalanan dan kesenian antar pelajar, penampilan musik dari Polda Jateng dan pameran mural,” tutup Ramadhan.
Puteranegara

(cip)

Source link