Masmient.com

Berita TerNew

loading…

Amien Rais menceritakan pertemuan pertamanya dengan Gus Dur di Chicago yang dilanjutkan di Yogyakarta. Foto/istimewa

JAKARTA Amien Rais menggambarkan hubungannya dengan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sebagai sahabat dalam arti sebenarnya. Ketika namanya diseret sebagai biang kejatuhan Gus Dur dari kursi presiden, Amien mengaku telah beberapa kali mengingatkan kendati tidak didengarkan.

Amien masih ingat bagaimana dia pertama kali berjumpa dengan Gus Dur di Chicago, Amerika Serikat. Saat itu Amien sedang menyelesaikan studi doktoralnya.

Baca juga: Cerita Amien Rais Seputar Pelengseran Gus Dur pada 2001

”Saya kenal dengan Gus Dur waktu di Chicago itu. Saya kurang ingat pasti tahunnya, mungkin 1976 atau 1977. Gus Dur mampir ke Chicago,” ujar Ketua Majelis Syura Partai Ummat ini saat berbincang dengan musikus Ahmad Dhani, dikutip dari akun youtube Video Legend, Sabtu (18/6/2022).

Amien seperti diketahui akhirnya berhasil menyelesaikan studinya. Dia meraih gelar doktor dari University of Chicago dan kembali ke Indonesia. ”Tahun 1981 saya pulang. Setelah itu Gus Dur ke Jogja, ketemu saya di rumah saya. Sejak itu kami mulai sering berdiskusi dan berbicara,” tutur Amien.

Mantan Ketua MPR itu mengungkapkan, pernah suatu ketika seorang tokoh muslim mendatangi dan menanyakan kesediaannya bertemu Gus Dur dan Nurcholis Madjid atau Cak Nur dalam sebuah forum di Jakarta. Amien pun langsung menyanggupinya.

”Di situ sebenarnya saya lebih banyak berbeda dengan Cak Nur ketimbang Gus Dur,” kata Amien.

Perbedaan pemikiran antara Amien Rais dengan Nurcholis itu pun juga dipotret Gus Dur dan disajikannya melalui buku. Gus Dur memberikan julukan untuk Amien Rais, Nurcholis Madjid ditambah Syafi’i Ma’arif sebagai tiga pendekar Chicago.

(muh)

Source link