Masmient.com

Berita TerNew

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

Masmient.com, JAKARTA – Polda Metro Jaya menggelar lomba ketangkasan bermotor Kapolda Cup 2022 dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara ke-76 yang jatuh pada 1 Juli 2022 mendatang.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran yang membuka perlombaan itu menyebut ajang ini dilakukan untuk menguji keterampilan anggotanya saat bertugas di lapangan.

“Semakin memacu adrenalin anggota semakin menjadi ajang untuk meningkatkan skill, keterampilan, kemampuan dalam mengendalikan motor yang digunakan setiap hari dalam melaksanakan tugas,” kata Fadil kepada wartawan, Sabtu (18/6/2022).

Mantan Kapolda Jawa Timur ini berharap dari ajang lomba ini bisa mewujudkan berkendara yang aman untuk anggotanya dalam menjalankan tugasnya.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya: Tidak Ada Keistimewaan bagi Pengendara Pelat RF

“Tentunya dalam menghadapi tugas-tugasnya itu, kita harus dilengkapi dengan kemampuan khususnya bagi anggota yang bertugas di Jalan Raya maka dituntut untuk melewati rintangan rintangan,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut dalam perlombaan ini ada 91 anggota yang ikut serta.

Ada lima kategori yang disiapkan dalam perlombaan ini. Kategori pertama yakni A1 untuk lomba motor besar tahun 2002-2015 khusus polisi laki (polki). Kategori kedua yakni A2 lomba motor besar keluaran tahun 2016-2022.

“Kami bedakan berdasarkan tahun, kalau berdasarkan cc beda tahun beda kekuatan motor,” jelasnya.

Kategori ketiga yakni perlombaan motor besar BMW yang pesertanya merupakan polisi wanita (polwan).

Keempat, kategori B1 motor trail yang biasa digunakan anggota raimas dan tim patroli perintis presisi.

Baca juga: Renungan HUT ke-76 Bhayangkara: Melihat Persepsi Masyarakat terhadap Hukum dan Seragam Polisi

“Kelima kelas B2 itu kelas motor trail bebas artinya bisa diikuti kendaraan dinas atau trail pribadi,” ungkapnya.

Sambodo melanjutkan dalam perlombaan itu, nantinya akan ada tantangan-tantangan untuk melatih keterampilan anggota.

“Lomba yang diikuti baik zigzag, rintangan ngka 8, berbalik arah, rintangan kesebangan rintangan batu, ban dan polisi tidur. total hadiah diperebutkan Rp125 juta,” paparnya.



Source link