Masmient.com

Berita TerNew

Masmient.com – Umat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah haji 2022 di Baitullah (Rumah Allah) di Kota Mekkah. Para jamaah haji di seluruh dunia dapat mengetahui amalan-amalan haji baik wajib maupun sunnah-nya, terlebih sunah-sunah ihram. 

Ikhram merupakan tanda kesiapan seseorang melakukan haji dan umrah. Dengan melaksanakan ihram, seseorang mengunakan pakaian ihram, berniat, dan siap melakukan seluruh rangkaian haji serta meninggalkan hal-hal yang diharamkan. Dikutip dari laman haji.kemenag.go.id, sunah-sunah ihram antara lain sebagai berikut.

1. Mandi

Mandi merupakan sunah ihram sebagaimana dalam hadist yang diriwayatkan At-Tirmidzi. Dari Zaid bin Tsabit, beliau melihat Rasulullah SAW mengganti pakaiannya untuk ihram lalu mandi. (HR. At-Tirmidzi).

Baca Juga:
Syarat Sai Haji Menurut Kemenag, Simak Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

2. Memakai wangi-wangian pada tubuhnya

Menggunakan wangi-wangian saat ihram ini sebagaimana dari Aisyah R.A., ia berkata, “Aku pernah memberi wewangian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk ihramnya sebelum berihram dan untuk tahallulnya sebelum melakukan thawaf di Ka’bah.” (Muttafaq ‘alaih)

3. Memotong kuku dan merapikan jenggot, rambut ketiak dan rambut kemaluan

Jamaah haji disunahkan untuk memotong kuku, merapikan jenggot, rambut ketiak dan rambut kemaluan sebelum berihram. Hal ini untuk menjaga umat muslim saat berihram tetap bersih sebelum berihram. Pasalnya, saat berihram, uamt muslim dilarang untuk memotong kuku dan mencukur rambut.

4. Memakai kain ihram berwarna putih

Baca Juga:
Apa Saja Syarat Sah Tawaf? Ini Penjelasannya dan Amalan Sunnah yang Perlu Dilakukan

Mengenakan kain ihram berdasarkan hadist Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berangkat dari Madinah setelah beliau menyisir rambut dan memakai minyak, lalu beliau dan para Sahabat memakai rida’ dan izar (kain ihram yang atas dan yang bawah).



Source link