Masmient.com

Berita TerNew

Masmient.com, Jakarta – Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menangkap tujuh warga negara asing (WNA) asal Korea Selatan (Korsel) yang ternyata Tim Kreatif TV.

Diketahui ketujuh WN asing itu ditangkap karena penyalahgunaan Visa on Arrival (VoA) di Indonesia. Mereka ditangkap setelah menyelenggarakan sebuah ajang pencarian bakat.

“Warga negara Korea Selatan tersebut diamankan petugas Imigrasi pada Senin 21 November 2022 setelah menyelenggarakan ajang pencarian bakat di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Imigrasi Kemenkumham Widodo Ekatjahjana dikutip dari Antara.com, Rabu 23 November 2022.

Baca Juga: Imigrasi Ungkap Mardani Maming Berstatus Tersangka KPK dan Dicegah Berimigrasi, Netizen: Bikin Malu Partai dan Organisasi

Penangkapan warga negara Korea Selatan yang juga ternyata tim kreatif salah satu rumah produksi. Mereka melakukan sebuah pekerjaan dalam ajang pencarian bakat kemudian disiarkan langsung di stasiun televisi KBS Korea.

“Enam orang tim kreatif ini datang menggunakan VoA dan dipekerjakan oleh dua orang WNA Korea Selatan. Satu pemegang VoA dan yang lain pemegang Kitas (Kartu Izin Tinggal Terbatas). Total ada delapan paspor Korsel yang kami amankan,” ujarnya.

Dengan ditangkapnya warga negara asing tersebut karena penyalahgunaan VoA. Widodo kemudian memerintahkan direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) untuk mengambil langkah tegas yakni memeriksa agen dan pengurus yang menyuruh empat warga negara Korsel tersebut.

Baca Juga: Kasus Penipuan Bansos Corona, Inilah Fakta Menarik Mitsuhiro Taniguchi



Source link