Masmient.com

Berita TerNew

Masmient.com – Semua orang pasti akan mengalami kehilangan pada satu titik dalam fase kehidupan. Rasa duka akibat kehilangan orang tersayang atau ketika menghadapi musibah pun tak dapat dihindari. 

Namun ada baiknya jangan biarkan rasa duka tersebut berlalut-larut karena bisa berdampak pada kesehatan. Yuk simak cara mengatasi duka kehilangan orang tercinta berikut ini.

1. Kenali Ada Tahapan Untuk Berduka

Sangat wajar jika pada awalnya tidak langsung menerima atau tidak percaya terhadap kondisi kehilangan atau musibah yang dialami, terlebih jika kejadian itu secara tiba-tiba.

Baca Juga:
3 Duka yang Hanya Dirasakan oleh Para Pejuang LDR

Sementara itu ada lima tahapan dalam proses kesedihan yang biasa dialami saat berduka kehilangan orang tercinta. Tahap pertama adalah penyangkalan, yakni saat seseorang tak mau percaya bahwa peristiwa itu terjadi.

Kemudian ada tahap kedua yaitu amarah. Selanjutnya ada tahap ketiga yang merupakan proses negosiasi dengan diri sendiri. Setelahnya ada tahap keeempat yaitu depresi yang seringkali melemahkan.

Sedangkan fase terakhir adalah tahap penerimaan, yakni menerima bahwa kehilangan yang membuat berduka memang terjadi. Dari sinilah biasanya seseorang dapat bangkit dari rasa kehilangan.

2. Luapkan Perasaan

Agar bisa lebih cepat pulih dari rasa duka akibat kehilangan, hindari menyembunyikan perasaan terlalu lama. Memendam perasaan berpura-pura tegar bukanlah cara efektif untuk mengatasi sedih karena kehilangan, malah hanya akan membuat lebih terluka.

Baca Juga:
Kisah Jemaah Haji Kehilangan Sandal di Madinah dan Kesasar Tidak Menemukan Tempat Penginapan

Oleh karenanya, sebiasa mungkin jujurlah pada perasaan dan luapkan dalam tangisan atau mungkina amarah. Terlebih, menangis dapat bermanfaat bagi fisik dan mental karena dapat membantu melegakan hati serta perasaan.

3. Jaga Kesehatan Fisik dan Emosional

Tak baik bagi diri sendiri jika berhenti menjaga kesehatan fisik dan emosional. Dengan menjaga kesehatan fisik dapat menguatkan jiwa dan membantu untuk mengatasi sedih karena kehilangan.

Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti halnya melakukan pola hidup sehat seperti tidur yang cukup, mengonsumsi makanan yang sehat dan olahraga. 

4. Bersandar Pada Keluarga dan Teman

Rasa sedih akan semakin menjadi-jadi jika dihadapi sendirian. Untuk mengatasi duka cinta, mintalah dukungan dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Mereka pun akan merasa dihargai jika diminta bantuan.

5. Bergabung Dengan Komunitas Grup Dukungan

Jika kehadiran keluarga dan teman belum cukup untuk mengatasi rasa sedih  karena kehilangan, maka bisa dicoba untuk bergabung dengan komunitas tertentu. Hal ini bisa dilakukan melalui grup dari platform media sosial atau secara langsung.

Pasalnya, grup pendukung selalu menawarkan cara untuk mendengarkan orang lain yang tahu persis apa yang kita alami.

Ketika bertemu dengan mereka yang menjadi bagian dari kelompok pendukung duka di sebuah konseling, kesedihan bersama juga bisa sangat membantu proses penyembuhan.

6. Dekatkan Diri Pada Agama

Bagi umat beragama, mengatasi duka dapat dilakukan dengan cara mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Hal ini dapat dilakukan dengan cara berdoa, bermeditasi, atau pergi ke tempat ibadah.

Dengan beribadah, dapat membuat lebih tenang dan kembali optimis terhadap kehidupan. 

7. Lakukan Kegiatan Baru Menyenangkan

Cara lain yang bisa dicoba untuk menghilangkan duka adalah dengan mencoba kegiatan baru. Dengan demikian, pikiran bisa teralihkan sehingga tidak larut dalam duka berkepanjangan.

Beberapa kegiatan baru menyenangkan yang bisa dicoba misalnya berkemah, traveling, berkebun, memasak dan lain-lain.

Itulah 7 cara mengatasi duka kehilangan orang tercinta. Semangat terus ya!

Kontributor : Trias Rohmadoni



Source link