Masmient.com

Berita TerNew






Irjen. Pol. Ferdy Sambo  resmi dicopot sebagai Kadiv Propam Mabes Polri setelah diduga terlibat dalam kasus meninggalnya Brigadir J. Beberapa jam selah Sambo diperiksa untuk keempat kalinya, Kapolri mencopot jabatan Sambo dan memindahkannya sebagai Pati Yanma Mabes Polri. Berikut 5 jabatan mentereng yang pernah diemban polisi berusia 49 tahun ini.

1.    Kadiv Propam Mabes Polri

Sebagai jenderal polisi bintang dua, bisa jadi jabatan paling mentereng yang dieman Sambo adalah menjadi Kadiv Propam Mabes Polri. Divisi ini memiliki tugas dalam membina dan menyelenggarakan fungsi pertanggung jawaban profesi dan pengamanan internal, termasuk penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Polri.

Selain itu Sambo dan jajarannya memberikan pelayanan dalam hal pengaduan masyarakat tentang adanya penyimpangan tindakan anggota Polri. Sambo menjadi Kadiv Propam sejak tahu 2020 dan berakhir masa jabatan di tahun 2022.










5 Jabatan Mentereng yang Pernah Diemban Ferdy Sambo (Detikcom)

2.    Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri

Sebelum diangkat menjadi Kadiv Propam Polri, Sambo juga menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum atau Dirtipidum Bareskrim Mabes Polri. Ia menjabat sebagai Dirtipidum sejak tahun 2019-2020 atau hanya setahun menjabat.

3.    Kasubdit III Dittipidum Bareskrim Mabes Polri

Selama dua tahun Sambo pernah menjabat sebagai Kasubdit III Dittipidum Bareskrim Mabes Polri. Sebagai penyidik tentu banyak kasus-kasus besar yang berhasil diselidiki oleh suami dari Putri Candrawathi ini. Selama dua tahun, ia menjabat posisi itu.

4.    Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya

Sebelum berdinas di Mabes Polri, Sambo juga berkiprah dalam institusi kepolisian Polda Metro Jaya. Ia terakhir menjabat sebagai Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya. Kala itu Sambo memiliki atasan yakni Krishna Murti yang menjadi Direskrimum dan juga disebut Polisi yang viral karena ketampanan dan keberaniannya lawan teroris.

Melansir dari akun TikTok @mediabams, video Sambo dan Krishna muncul ketika Krishna yang kala itu menjadi atasan Sambo sebagai Direkrimum sementara Sambo menjadi wakil atau Wadirekrimum, sedang melakukan wawancara dengan awak media membahas sebuah kasus.

Warganet pun terkejut bahwa Sambo malah kini menyalip mantan atasannya dulu. “Tadinya atasan sekarang anak buah, gimana ceritanya?,” tanya seorang warganet. Saat masih jadi bawahan Krishna, Sambo berpangkat AKBP sementara Krishna sudah Komisaris Besar Polisi.






Source link