Skip to main content

10 Tips Menghemat Baterai Android Agar Tidak Mudah Habis

10 Tips Menghemat Baterai Android-Di jaman sekarang sudah banyak yang menggunakan smartphone berbasis android. Menggunakan smartphone android tentu akan menguras daya baterai cepat habis, untuk menghemat baterai android agar lebih lama dalam menggunakan ponsel. Karena android biasanya akan lebih menguras baterai ketimbang jenis ponsel lainnya.

10 tips Menghemat baterai Android supaya awet

Jika menggunakan ponsel android yang baterai nya tidak tahan lama atau mungkin tidak awet maka membuat anda merasa kesal. Nah maka perlu tips agar baterai awet super hemat seharian digunakan. Karena beda android dengan ponsel lainnya yang bisa dikatakan lebih hemat daya baterai nya.

Perlu menghemat baterai android agar nyaman saat digunakan atau sedang berpergian tidak memikirkan baterai habis. Menghemat baterai android sangat diperlukan untuk menjaga saat sedang mati lampu atau lagi sedang berada dalam kondisi tidak ada listrik. Menghemat baterai android bisa dilakukan dengan beberapa tips dibawah ini

Berikut Tips Menghemat Baterai Android Agar Tidak Mudah Habis


1. Gunakan Tema Gelap

Tema yang gelap dapat menghemat baterai sehingga tidak mudah habis saat digunakan.

2. Kurangi Cahaya Kontras

Jika ingin ponsel android hemat baterai maka aturlah pencahayaan pada layar ponsel, caranya kurangi cahaya kontras layar agar tidak terlalu terang. Agar daya baterai pada android tetap awet.

3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Bila ponsel anda boros baterai nya coba periksa apakah aplikasi dalam ponsel terlalu banyak, jika ia maka hapus lah dan gunakan aplikasi yang diperlukan saja untuk menghemat baterai.

4. Nonaktifkan Screensaver

Screensaver merupakan jenis wallpaper bergerak yang ada di ponsel, screensaver dapat membuat baterai cepat habis karena selau aktif jika kita hidupkan. Supaya untuk menghemat baterai anda bisa menonaktifkan fitur screensaver tersebut.

5. Jangan Bermain Ponsel Saat Sedang Dicas

Faktor baterai cepat habis bisa dikatakan saat sedang mengecas hp sambil untuk mainan. Ini dapat menimbulkan daya baterai akan lebih cepat habis ketika baterai sudah full 100% lalu anda gunakan untuk bermain game atau lainnya.

6. Kurangi Widget

Widget yang terlalu banyak dilayar hp akan menguras baterai cepat habis karena terkoneksi nya internet ketika widget diaktifkan.

7. Matikan Sinkronisasi

Sinkronisasi merupakan alat pengecekan hal-hal baru yang muncul untuk di update, jika tidak penting lebih baik dinonaktifkan saja untuk menghemat baterai.

8. Nonaktifkan GPS

Gps merupakan bagian dari ponsel untuk mendeteksi suatu tempat yang terhubung oleh internet. Gps akan selalu aktif walaupun hp sedang posisi tidur karena koneksi internet lah yang membuat gps dibilang dapat mengurangi daya baterai cepat habis.

9. Kurangi Daya Waktu Tidur

Supaya baterai tetap hemat maka atur lah waktu tidur ponsel anda, misal waktu tidur satu menit maka diubah menjadi 25 detik agar tidak cepat habis baterai ponsel yang digunakan.

10. Aktifkan Mode Hemat Daya

Yang terakhir adalah aktifkan fitur hemat daya pada pengaturan ponsel Android anda untuk berjaga-jaga jika lampu sedang padam sehingga tidak takut baterai habis ketika sedang digunakan.

Kesimpulan gunakan ponsel dengan baik dan benar supaya tidak mengurangi daya baterai yang berlebihan serta manfaatkan fitur yang ada jangan terlalu banyak menambah fitur aplikasi yang tidak penting untuk kebutuhan sehari-hari.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar