--> Skip to main content

Pengertian Literasi, Jenis, Manfaat, Tujuan dan Contohnya (Lengkap)

Pengertian Literasi
Source:https://www.youthmanual.com
Pengertian Literasi-Pernahkah kamu mendengar istilah literasi ? Jika kamu seorang tenaga pendidik ataupun pelajar, istilah tersebut mungkin sudah tidak asing lagi. Yang mana, beberapa tahun belakangan ini budaya literasi kian hari semakin gencar diterapkan diberbagai bidang terutama dalam dunia pendidikan dan industri perkantoran.

Budaya literasi dimadsudkan untuk menciptakan kebiasaan berfikir melalui proses membaca dengan harapan kegiatan tersebut akan menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat untuk dirinya sendiri dan banyak orang.

Namun diera modern saat ini, budaya literasi bukan hanya mencangkup kegiatan membaca dan menulis. Menurut para ahli, literasi bermakna luas dapat meliputi keterampilan berfikir yang menggunakan beragam sumber pengetahuan berupa tangkapan visual, audio dan sebagainya.


Nah, untuk lebih jelasnya mengenai pengertian literasi secara mendalam disertai dengan jenis jenis, manfaat dan contohnya, anda dapat membaca kelanjutannya pada artikel di bawah ini.

Pengertian literasi secara umum

Secara etimologi, istilah literasi berasal dari bahasa Latin "literatus" bearti orang yang sedang belajar atau hal hal yang bekaitan erat dengan aktivitas membaca dan menulis.

Dapat juga diartikan bahwa, literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan potensi dan keterampilan yang ia miliki dalam memahami serta mengolah informasi untuk melakukan proses pembelajaran yang berkaitan dengan aktivitas membaca dan menulis.

Pengertian literasi menurut para ahli

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, seiring tingkat perkembangan zaman ditandai dengan kemajuan teknologi dan kemudahan untuk mendapatkan informasi, pengertian literasi pun tidak hanya sebatas pada keterampilan membaca dan menulis.

Maka dari itu agar lebih mudah dipahami dan diterapkan ke dalam kehidupan sehari hari, para ahli mendefenisikan pengertian literasi meliputi banyak hal. Diantaranya:

1. Menurut UNESCO

Seperangkat keterampilan yang nyata, khususnya ketrampilan kognitif dalam membaca dan menulis yang terlepas dari konteks di mana keterampilan yang dimaksud diperoleh, dari siapa keterampilan tersebut diperoleh dan bagaimana cara memperolehnya. Menurut UNESCO, pemahaman seseorang mengenai literasi ini akan dipengaruhi oleh kompetensi bidang akademik, konteks nasional, institusi, nila-nilai budaya serta pengalaman. (wikipedia).

2. David Barton, 2006

Literasi adalah gagasan dasar untuk digunakan sebagai pembelajaran awal dalam aktivitas membaca dan menulis yang akan dilalui oleh setiap individu. David Barton dalam sebuah buku " Literacy: An Introduction to the Ekologi".

3. Paulo Freire

Literasi bukan hanya teknik kemampuan untuk membaca dan menulis, tetapi melibatkan kesadaran pada setiap individu untuk menciptakan kemampuan berkomunikasi dengan banyak hal.

4. Alberta

Literasi adalah kemampuan membaca dan menulis dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi serta untuk mengembangkan potensi diri dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.

5. Elizabeth Sulzby

Literasi adalah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh setiap individu dengan melibatkan beragam aspek seperti membaca, menyimak, berbicara dan menulis.


Jenis jenis literasi 

Ada beberapa jenis jenis literasi yang dikelompokkan berdasarkan situasi dan kondisi. Diantaranya sebagai berikut:

1. Literasi dasar

Literasi jenis ini merujuk pada pengetahuan yang diharapkan diketahui oleh semua orang di bidang tertentu. Misalnya, setiap orang diharapkan mengetahui bagaimana cara membaca dan menulis sebagai keterampilan dasar.

2. Literasi media

Literasi media merupakan kemampuan yang harus diketahui dan dipahami dalam penggunaan media baca elektronik, media cetak dan sebagainya dengan tujuan untuk mendapatkan pengetahuan luas.

3. Literasi perpustakaan

Literasi perpustakaan melibatkan kemampuan dalam hal memahami serta membedakan sumber bacaan karya tulis berbentuk fiksi dan non fiksi dan memahami tata cara penggunaan katalog serta indeks untuk meningkatkan pengetahuan yang pada akhirnya menciptakan sebuah karya tulis baru atau dengan madsud untuk penelitian.

4. Literasi visual

Literasi visual adalah kemampuan yang harus dimiliki untuk menginterprestasikan dan memberi makna dari sebuah atau banyak informasi dalam bentuk gambar (tampilan visual) dan audio dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

5. Literasi pertanian

Literasi pertanian akan melibatkan kemampuan pengetahuan individu dalam membaca informasi tentang literatur pengetahuan tentang tanah, kondisi lingkungan, jenis tanaman dan sebagainya dengan tujuan untuk kegiatan bertani, membangun dan memastikan lingkungan sekitar di industri pertanian.


Manfaat dan tujuan literasi


1. Tujuan literasi

Secara tidak langsung, saya telah menerangkan beberapa tujuan literasi secara umum. Jika ditarik kesimpulannya, tujuan literai dapat meliputi beberapa hal diantaranya:

  • Dengan kegiatan membaca, literasi dapat membantu meningkatkan pengetahuan siswa didik, karyawan atau masyarakat secara meluas
  • Meningkatkan akurasi pemahaman seseorang dalam mengambil sebuah atau banyak kesimpulan dalam satu wakt
  • Membantu menumbuhkan semangat dan minat baca dalam jangka panjang
  • Meningkatkan kepribadian seseorang dalam hal membaca dan menulis
  • Membantu meningkatkan kualitas penggunaan waktu menjadi semakin efektif
  • Mengasah kemampuan intuisi otak yang dapat meningkatkan kecerdasan kemampuan berbicara dan berkomunikasi kepada banyak orang

2. Manfaat Literasi

Beranjak dari tujuan literasi di atas, ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil Diantaranya adalah:
  • Menambah kosakata setiap individu
  • Meningkatkan kemampuan kinerja otak untuk berkomunikasi secara aktif
  • Meningkatkan kemampuan untuk memberikan motivasi dan semangat hidup bagi dirinya dan orang lain
  • Meningkatkan kemampuan analisa dan daya pikir seseorang
  • Menambahkan wawasan baru dan mengetahui informasi dalam banyak bidang
  • Meningkatkan kemampuan kinerja otak untuk merangkai kata secara sistematis di bidang menulis dan dalam hal berkomunikasi 

Contoh Literasi

Ada banyak sekali contoh literasi yang ada di dalam kehidupan sehari hari. Diantara contoh tesebut antara lain:

  • Aktivitas membaca buku di sekolah sebelum proses belajar mengajar dimulai
  • Jadwal mingguan untuk berkunjung ke perpustakaan
  • Studi tour yang diadakan oleh pihak sekolah atau perusahaan demi meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan kinerja karyawan
  • Aktivitas membaca di situs aoglamedia.com yang merupakan media informasi, inspirasi dan motivasi terkini
  • Membuat mading di lingkungan sekolah
  • Mengunjungi tempat wisata dengan tujuan untuk mendapatkan informasi untuk menulis
  • Menonton televisi, mendengarkan musik dan aktivitas yang berkaitan dengan visual teknologi
  • dan sebagainya
Demikianlah uraian dan rangkuman artikel tentang pengertian literasi, jenis jenis, manfaat dan contohnya yang telah anda baca. Semoga tulisan ini dapat menjadi referensi bagi anda. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik saya lainnya di situs ini ya..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar