--> Skip to main content

Berbagi Ilmu Di Era Digital Oleh Seorang Praktisi Pendidikan (Review Blog)

mas mariyadi

Mas Mariyadi Ngawi Sang Guru yang Belajar Ngeblog


Seperti yang kita ketahui bahwa saat kita sedang berada pada masa dimana sebagian besar aktivitas, pergerakan dan kebutuhan sangat bergantung terhadap teknologi. Aktivitas sehari-hari yang pada zaman kakek moyang dulu dilakukan dengan carea manual, sekarang sudah dilakukan oleh mesin dan robot. Jika pada zaman dahulu bepergian dapat dilakukan dengan cara menunggang kuda maupun berjalan kaki, maka sekarang sudah ada mobil, motor serta alat transportasi yang siap sedia mengantarkan kemanapun kita pergi.

Sama halnya dengan kebutuhan manusia dalam hal pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang oleh sebagian besar masyarakat  ditempatkan sebagai kebutuhan primer setelah sandang, pangan dan papan.

Pada era digital seperti sekarang ini, nampaknya pola belajar dan bertanya masyarakat millenial tentang pendidikan dan informasi lainnya sudah mulai berubah. Jika pada zaman dulu kita harus mencari guru privat untuk mengajari putera-puteri kita dalam mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR), maka pada era digital ini kita sebagai orang tua dapat mengajari PR anak-anak kita hanya dengan cara mengetikkan kata kunci tentang informasi apa yang kita cari di Google. Dengan demikian maka kita akan mendapatkan hasil terbaik tentang informasi apa yang kita butuhkan. Jika pada zaman dahulu kita sering sowan/berkunjung ke rumah nenek hanya sekedar untuk bertanya tentang resep masak, maka pada zaman modern ini mbah Google adalah solusinya.

Berdasarkan pada uraian diatas, pada kesempatan ini Masmient.com akan sedikit mengulas tentang semangat seorang guru yang ditugaskan di Kabupaten Ngawi yang memanfaatkan kemajuan di era digital untuk berbagi kebaikan dengan cara Berbagi Ilmu melalui sebuah situs internet (Website).

situs mas mariyadi

Tampilan website milik Mas Mariyadi Ngawi

Dia adalah MARIYADI, seorang guru Sekolah Dasar (SD) yang mengajar di SDN Sekarjati 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur ini memanfaatkan sedikit waktu luangnya setelah selesai mengerjakan tugas sebagai seorang guru untuk membagikan apa yang dia punyai kgususnya dalam hal Pendidikan ke Blog Pribadinya yang berjudul Kanjeng Mariyadhies Ngawi dengan alamat www.mariyadi.com

Mariyadi yang berprofesi sebagai seorang praktisi pendidikan ini mengawali part time job sebagai seorang Blogger sejak awal tahun 2019. Sebelumnya dia pernah melalangbuana mengajar di berbagai tingkat sekolah mulai dari SD, SMP, SMK serta Bimbingan Belajar (Bimbel). Hingga pada akhirnya pada akhir tahun 2014 dia diangkat oleh pemerintah untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil dan ditempatkan di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi.

Baca: Biografi Mariyadi (Pemilik www.mariyadi.com) 

“Semangat berbagi ilmu dalam bidang pendidikan muncul ketika saya melihat bahwa pada zaman modern ini hamper setiap orang mulai dari kanak-kanak hingga dewasa selalu membawa Ponsel kemanapun mereka pergi. Anak-anak sekolah mencari materi pelajaran dan latihan soal ujian melalui ponsel, orang tua mencari resep masak melalui ponsel, guru mencari perangkat mengajar dan contoh proposal serta surat menyurat melalui computer sekolah. Itulah yang melatarbelakangi saya untuk membuat website berbagi ini”, terangnya.

Dalam blog yang sudah berdomain TLD (Top Level Domain) ini Mariyadi Nampak serius mengelola blognya untuk kepentingan berbagi ilmu yang dia punya baik itu Bank Soal SD SMP SMA, Contoh Proposal Keguatan Sekolah, Karya Tulis Ilmiah, Perangkat Pembelajaran, Artikel Pendidikan dan lain sebagainya.

Bahkan dia juga membuat halaman dan artikel khusus untuk membantu para pengunjung se profesi dengannya untuk Login dan bagaimana cara mengelola dan memantau data Kepegawaian yang juga sudah bersitem digitalisasi ini.

Seorang guru yang pernah menjadi pengamen dan kuli bangunan di Jakarta ini nampaknya mempunyai cita-cita yang sangat tinggi. Hal tersebut dapat saya ketahui dari hasil wawancara bahwa setelah mendapatkan dua gelar sebagai seorang Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris dan Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar tak membuatnya puas bersekolah. Dia berencana untuk melanjutkan pendidikan Pascasarjana di Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS Solo) pada tahun depat. Saya sendiri sebagai penulis di Masmient.com turut mengamini tujuan yang mulia tersebut.

Demikianlah review blog saya kali ini dengan judul Berbagi Ilmu Di Era Digital Oleh Seorang Praktisi Pendidikan dari Mas Mariyadi Ngawi. Semoga dia selalu diberi kelancaran rezeki dan dapat meraih cita-cita untuk turut serta dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang tertuang dalam pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Aamiin…

WA: 085293177439
FB: Kanjeng Mariyadhies
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar