Cara Mengganti Template Blog Agar Pengunjung Tidak Turun

Cara mengganti template blog

Memang tak sedikit Blogger pemula yang masih bingung untuk mengganti template blog di blogspot baik dengan template bawaan blogger ataupun hasil dari beli ke penyedia tema premium untuk blogger.

Meskipun sangat mudah untuk di lakukan namun ada beberapa hal penting yang harus di perhatikan saat merubah template blogger agar pengunjung tidak kabur.

Karena banyak para master seo yang berpendapat jika ganti template blog bisa berakibat fatal seperti hilangnya pengunjung dan bot google harus men-crawl ulang.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak di ingin kan seperti yang sudah saya contohkan di atas maka para blogger harus memperhatikan tips blogger berikut saat ingin mengganti template blog.

Tips Sebelum Mengganti Template Blogger Agar Visitor Tidak Kabur


  • Sebelum tema di ganti harus di backup terlebih dahulu tema sebelumnya
  • Salin/copy kode-kode penting yang ada di template lama, seperti kode webmaster, kode iklan, kode google analytic dll.
  • Saat mengganti tema usahakan di jam-jam yang lagi sepi pengunjung, biar pengunjung tidak kaget dan kabur jika tiba-tiba tampilan blognya berubah

Jika sudah melakukan tips di atas (saran harus di lakukan) maka saat nya kita rubah template dengan template yang lebih keren dan nyaman, untuk hal ini silahkan baca cara memilih template blogger yang seo agar di sukai boot google.

Langkah Mengganti Template Blogger Dengan Benar


Ada dua versi cara untuk melakukan pergantian tema blog kita, yaitu mengganti dengan tema bawaan blogger dan dengan template dari beli/premium.

Mengganti Tema dari Bawaan Blogger


1. Masuk ke Dasboard Blogger dengan mengunjungi blogger.com

2. Setelah berada di dasboard blog silahkan pilih menu Tema/Template yang berada di sebelah kiri dekstop. lihat gambar di bawah.

Cara mengganti template

3. Backup template sebelumnya, dengan cara menekan tombol Backup/pulihkan yang berada di sebelah kanan atas dan klik Download tema.

Cara mengganti template

4. Jika sudah maka akan ada beberapa tema bawaan yang bisa kamu pilih sesuai selera, pilih yang paling menarik, kamu juga bisa mempertinjau terlebih dahulu sebelum menggantinya. caranya klik pada kotak template yang ingin di lihat/tinjau.

Setelah itu akan ada popup yang muncul dan itu adalah tampilan tema blogger yang sedang kamu pertinjau

Cara mengganti template


5. Jika sudah menemukan template yang sesuai harapan langsung saja klik Terapkan ke Blog, atau kamu juga bisa mengeditnya terlebih dahulu dengan cara mengklik Sesuaikan.

6. Jika sudah di terapkan maka otomatis template kamu sudah berubah dengan tema yang sudah kamu pilih dan terapkan tadi.

7. Selesai

Cara Mengganti Template Hasil Beli/Premium


Sebenernya untuk merubah template hasil dari beli atau download gratis di google ini ada dua cara yaitu dengan mengimpor dari komputer/pc berupa file format .xml dan dengan cara copy paste kode template.

Mengganti tema dengan format xml


1. Masuk ke dasboard blog

2. Pilih menu Tema/Template

3. Klik tombol Bacup/pulihkan yang berada di sebelah kanan atas layar monitor.

*Jangan lupa di backup dulu ya template yang lama

4. Maka akan muncul popup, dan pilih Unggah file, lalu cari template di komputer, jika sudah ketemu silahkan pilih Upload.

5. Tunggu proses hingga selesai dan nanti otomatis tema sudah terganti dengan yang baru

6. Selesai

Mengganti dengan cara copy paste


1. Siapkan dulu file nya di komputer/pc

2. Masuk ke dasboard blog

3. Pilih menu Tema

4. Klik Edit HTML

*Jangan lupa di Backup dulu Templatenya, untuk jaga-jaga jika ingin mengembalikan tampilan sebelumnya.

5. Jika sudah masuk ke kode html lalu block semua kode dengan cara tekan CTRL+A di keyboard lalu tekan delete.

6. Lalu buka file template tadi yang format .text lalu di copy dan paste ke kolom HTML di blogger tadi

7. Bisa di pratinjau dulu

8. Lalu klik Simpan Template

9. Selesai

Tambahan penting
Saya tegaskan sekali lagi, jika ingin merubah template blogger maka lakukan backup terlebih dahulu dan salin kode-kode pentingnya di notepad atau yang lainnya.

Tujuannya agar webmaster dan lainnya tetap mencrawl blog kamu sehingga posisi artikel tetap di halaman google. Dan setelah mengganti tema silahkan simak tips berikut.

Tips Setelah Ganti Template Blogger


Ada beberapa tips yang perlu di lakukan setelah melakukan pergantian pada tema blog, yaitu:

  • Pasang lagi kode-kode penting yang sebelum nya telah di salin di notepad/sejenisnya, agar google tetap men-crawl blog dan tema yang baru
  • Submit ulang blog ke webmaster (usahakan di lakukan)
  • Submit beberapa artikel ke web master (tidak di lakukan tdk masalah)

Kesimpulan


Jika ingin mengganti template kamu harus benar-benar memperhatikan tips-tips yang sudah di utarakan di atas, agar penurunan visitor blog bisa terminimalisir. Namun, jika tidak perlu usahakan jangan pernah ganti template blogger dan jika terpaksa harus ganti maka usahakan di ganti dengan template yang lebih bagus dan nyaman di pandang.

Demikianlah artikel sederhana terkait cara mengganti template blog di blogspot yang dapat saya bagikan ke teman-teman blogger sekalian, semoga artikel ini dapat membantu kamu yang membutuhkan terutama bagi blogger pemula.

Jika master yang telah membaca artikel di atas dan memiliki gagasan lain atau ilmu lain yang lebih oke bisa menambahkan di komentar agar yang lainnya juga bisa mengetahui apa yang harus di perhatikan saat mengganti template blogger.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menulis Artikel di Blogspot dengan Benar dan Baik

Cara Pasang Tols Keywords Everywhere Untuk Riset Kata Kunci

Tips Blogger Untuk Pemula Dan Apa Saja Persiapannya