Cara Menampilkan Navigation Bar Di Android Tanpa Root- Halo teman-teman, jumpa lagi dengan kami si pemberi tutorial yang paling simpel dan gampang di pahami, hari ini kami bakal kembali menyerahkan sebuah tutorial untuk teman-teman seluruh tentang bagaimana teknik menampilkan navigation bar di android masing-masing, pastinya tanpa mesti melakikan rooting pada android terlebih dahulu.

Navigation Bar ialah tombol navigasi yang sedang di bagian layar android, tombol ini seringkali terdiri dari tombol home, tombol back, dan tombol recent.

Tombol Navigasi terbagi menjadi 2 jenis, terdapat tombol navigasi softkey dan ada pun tombol navigasi hardkey. Tombol navigasi softkey yakni tombol navigasi yang sedang di bagian layar dan menyatu dengan layar android anda (on screen), sementara tombol navigasi hardkey yakni tombol navigasi yang sedang di bagian layar android dan tidak menyatu dengan layar android.

Tombol navigasi hardkey seringkali berada dibagian bawah masing-masing android, sementara tombol navigasi softkey saya dan anda butuh menampilkannya secara manual, walaupun dibeberapa android telah ada secara otomatis.

Menampilkan tombol navigasi softkey di android dapat dibilang paling penting, tombol navigasi softkey ini dapat teman-teman pakai sebagai pengganti tombol navigasi hardkey, di samping itu, tombol ini paling berguna untuk teman-teman yang tombol navigasi hardkey androidnya sudah bobrok atau tidak berfungsi.

Nah supaya tidak berlama-lama lagi, untuk teknik menampilkan tombol navigasi softkey di android dapat teman-teman simak dibawah ini.

Cara Menampilkan Navigation Bar Di Android Tanpa Root

merubah navigasi

Untuk teknik menampilkan navigation bar ini kami memakai 2 metode, yakni metode tanpa root dan cara root.

1). Metode Tanpa Root


Untuk cara tanpa root ini anda membutuhkan software pihak ketiga, software tersebut mempunyai nama Simple Control, teman-teman dapat mendapatkannya dengan sangat gampang di Google Play Store atau disini.

Cara menggunakan software Simple Control sangatlah mudah, setelah kamu mendownload dan menginstalnya, kamu hanya butuh masuk ke Pengaturan=>Aksesibilitas dan menggiatkan layanan Simple Control.

Selanjutnya teman-teman buka aplikasinya maka bakal secara otomotis navigation bar teman-teman bakal aktif.

Keunggulan software Simple Control ini lumayan banyak, kamu bisa menata besar kecil tombolnya, menagtur warnanya dan lain-lain, di samping itu, tombol yang disediakan dalam software tersebut pun sangat banyak.

2). Metode Root


Metode yang satu ini pun sangat gampang untuk anda lakukan, bahkan lebih gampang dan lebih praktis dibanding dengan cara yang kesatu, karna anda tidak perlu menggunakan software pihak ketiga lagi. bakal tetapi, guna metode ini kita memerlukan android yang telah mempunyai akses root, jadi untuk teman-teman yang androidnya belum di root dan hendak menggunakan cara ini silahkan di root dulu, baca teknik root android disini. Bagi langkah-langkahnya, silahkan teman-teman simak dibawah ini.

Buka software root explorer atau sejenisnya


  • Cari file build.prop yang sedang di folder root/system/disini
  • Buka file build.prop tersebut, dan tambahkan qemu.hw.mainkeys=0 di unsur bawah atau akhir.
  • Selanjutnya save file-nya dan keluar.
  • Selanjutnya Reboot android teman-teman dan tunggu hingga menyala lagi, dan lihat hasilnya.
  • Selamat navigation bar telah tampil di android teman-teman.


Demikianlah tutorial kita mengenai Cara Menampilkan Navigation Bar Di Android Tanpa Root, semoga bermanfaat. Dan tidak boleh lupa tinggalkan komentar serta bagikan ke teman-teman yang lain supaya semua tahu.

Refrensi: Ammar-Kc